[ADS] Top Ads

6 Wisata Kuliner Merauke, Cicipi Makanan Khasnya!

Papeda Papua - NMUTTY.com

Indonesia sangat terkenal dengan berbagai macam wisata kuliner dari sabang sampai merauke. Masing-masing makanan memiliki ciri khas bahan, bumbu, bentuk, dan juga rasanya. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai sajian atau wisata kuliner khas yang mencerminkan daerah tersebut, tidak terkecuali daerah Indonesia bagian Timur.

Ada beberapa Wisata Kuliner Merauke yang cukup terkenal lezat dan wajib moms cicipi makanan khasnya. Apalagi bagi moms yang berdomisili di Indonesia bagian Barat dan Tengah, pasti penasaran dengan berbagai kuliner tersebut.

Wisata Kuliner Merauke Khas Daerah Merauke, Papua.

Ada yang sudah pernah berkunjung ke Papua? atau moms adalah salah satu dari warga Papua? sudah tahu belum beberapa makanan khas Papua yang terkenal lezat dan menarik? yang membuat moms merasa penasaran untuk mencicipi rasa makanan khasnya tersebut. Yuk simak penjelasan singkat Wisata Kuliner Merauke dibawah ini.

1. Sate Ulat Sagu


Sate Ulat Sagu Merauke - NMUTTY.com 
Photo: twitter.com

Bahan utama dari makanan yang satu ini sesuai dengan namanya, yaitu ulat sagu. Cara memasaknya adalah dengan cara menusukkan beberapa ulat sagu pada tusuk sate, kemudian dibakar dengan olesan bumbu. Makanan ini mengandung protein tinggi yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Selain itu, makanan ini juga mengandung kadar kolestrol yang cukup rendah.

2. Udang Selingkuh


Udang Selingkuh Merauke - NMUTTY.com 
Photo: twitter.com

Alasan dari pemberian nama makanan ini karena udang yang menjadi bahan utama masakan memiliki bentuk yang berbeda dari udang biasa. Bentuk tubuhnya udang, tetapi memiliki capit kepiting. Hampir mirip dengan lobster, tetapi berbeda. Tekstur dagingnya sedikit lembur, berserat dan ada sedikit rasa manis.

3. Ikan Bakar Manokwari


Ikan Bakar Manokwari - NMUTTY.com 
Photo: instagram.com

Wisata Kuliner Merauke yang ketiga adalah ikan bakar Manokwari. Manokwari merupakan nama ibu kota dari Provinsi Papua Barat. Bahan utama masakan ini adalah ikan tongkol. Sajian ikan bakar ini memiliki citarasa yang khas dari bumbu dan juga rasa pedasnya. Karena terbuat dari gilingan rempah kasar berlumur air jeruk nipis dan disajikan bersama sambal cabai khas Papua.

4. Bubur Papeda


Papeda Papua - NMUTTY.com
Photo: kompasiana.com

Nama makanan yang satu ini pasti tidak terdengar asing untuk moms, karena merupakan salah satu kuliner Papua yang cukup terkenal. Bahan dasar utamanya adalah sagu yang memiliki tekstur lengket seperti lem tetapi rasanya hambar. Untuk menyantapnya, moms harus menggulungnya memakai alat yang terbuat dari bambu. Biasanya disajikan bersama kuah bening dan ikan kembung atau peda bakar.

5. Aunu Senebre


Aunu Senebre Merauke - NMUTTY.com 
Photo: cookpad.com

Aunu Senebre merupakan salah satu Wisata Kuliner Merauke yang terbuat dari nasi putih dan ikan teri goreng. Cara membuatnya adalah dengan mencampur kedua bahan tersebut bersama irisan daun talas dan parutan kelapa, kemudian dikukus sampai matang. Moms bisa menyantap makanan ini bersama papeda.

6. Roti Abon Gulung


Roti Gulung Abon Sorong - NMUTTY.com
Photo: facebook.com

Sajian ini berasal dari kota Sorong. Memiliki ciri khas warna coklat dan bentuknya yang lonjong. Untuk mempercantik tampilan roti, ada taburan wijen disekelilingnya. Abonnya terbuat dari bahan dasar daging sapi. Tekstur makanan ini sangat lembut dan mirip seperti kue bolu. Rasanya cukup unik dan dapat menjadi alternatif pengganjal perut ketika lapar.

Baca juga: Daftar Wisata di Papua Yang Paling Populer

Itulah, pembahasan mengenai beberapa Wisata Kuliner Merauke yang membuat moms pasti sangat penasaran untuk mencicipi berbagai makanan khasnya tersebut. Jika moms sedang berkunjung atau liburan ke daerah Papua, bisa menjadi referensi wisata kuliner moms. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan moms tentang kuliner di Kawasan Wisata Timur Indonesia.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.