[ADS] Top Ads

7 Daftar Makanan Nikmat Khas Banten

Laksa Tangerang, Banten - NMUTTY.com

Banten adalah daerah yang terletak di ujung barat pulau Jawa, ternyata memiliki banyak segudang makanan nikmat yang wajib disantap ketika moms melancong kesana. Mungkin banyak orang yang sudah sering mendengar dan mengetahui Provinsi Banten ini, tapi tidak dengan keragaman makanan khasnya yang begitu unik dan super nikmat. Dibawah ini adalah Deretan Makanan Nikmat Khas Banten.

Daftar Makanan Nikmat Terpopuler Khas Banten

1. Rabeg Masakan Arab Khas Banten


Rabeg, Banten - NMUTTY.com
Photo: reseppedia.com

Hidangan ini memang mengadaptasi dari makanan Arab dan timur tengah, yang memiliki rasa khas kaya rempah Indonesia. Bahan dasar makanan ini adalah menggunakan olahan daging dan jeroan kambing yang dimasak dengan bumbu jahe dan cabai untuk mendapatkan sensasi pedasnya. Cara mengolahnya dimasak dalam waktu yang lama untuk menghilangkan rasa bau dan agar daging bertekstur empuk. Biasanya dihidangkan dengan nasi kebuli.

2. Toge dan Oncom Gecom Makanan Khas Banten


Gocam, Banten - NMUTTY.com
Photo: cookpad.com

Uniknya makanan yang satu ini dimasak degan wajan datar yang biasanya digunakan untuk menggoreng martabak. Dari segi rasanya geco memiliki rasa khas nusantara yang kaya akan rempah dan dihidangkan bersama nasi dan lauk pelengkap.

3. Sayur Besan Hidangan Tradisi Asli Banten


Sayur Besan, Banten - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Makanan tradisi ini dihidangkan ketika mengadakan prosesi lamaran atau saat acara pernikahan. Bahan utama masakan ini terdiri dari, bihun, petai, trubuk, dan kentang. Serta bisa ditambahkan dengan sayur lainnya yaitu, labu siam, wortel dan udang. Hidangan ini dianggap sebagai terjalinnya tali persaudaraan yang erat setelah pernikahan.

4. Laksa Tangerang Khas Banten


Laksa Tangerang, Banten - NMUTTY.com
Photo: indonesia.go.id

Makanan yang satu ini tidak boleh terlewatkan saat di Banten. Cara penyajiannya cukup sederhana, tetapi rasa rempah dan bahan-bahan yang didalamnya berasa bintang lima. Bahan dasar hidangan ini adalah mie putih yang disiram dengan kuah sayur yang sudah dibumbui, kemudian ditaburi dengan suwiran ayam, kacang hijau dan taburan daun kucai.

5. Sambel Burog Super Pedas


Sambel Burog, Banten - NMUTTY.com
Photo: cookpad.com

Sambel super pedas sajian khas Banten ini akan banyak dijumpai pada saat musim haji, karena hidangan ini sering disajikan pada waktu saat kunjungan orang yang baru pulang dari tanah suci. Sambal yang unik ini tidak ditemukan didaerah lain karena dengan keunikan cita rasa yang khas dari banten. Bahan dasar sambel ini terdiri dari kulit melinjo, kulit tangkil, yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, kemiri dan daun salam. Kemudian disajikan dengan mangga muda atau jambu muda.

6. Sate Bandeng yang Populer Khas Serang Banten


Sate Bandeng, Banten - NMUTTY.com
Photo: benubuloe.com

Di Serang Banten memang banyak ditemukan ikan bandeng, masyarakat lalu mengolahnya menjadi sate yang nikmat. Sate ini memiliki rasa berbeda dengan sate ayam ataupun kambing. Sebelum dibakar ikan bandeng dibersihkan dari sisiknya, kemudian diolah dengan cara diremukkan setelah itu dikasih bumbu khas banten yang bercita rasa pedas dan manis. Lalu ditusukkan ke bambu kemudian baru dibakar.

7. Nasi Bakar Sum-Sum yang Gurih ala Banten


Nasi Bakar Sum-Sum, Banten - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Masakan khas Banten yang satu ini sangat populer di masyarakat, dengan cerita pertama kali pembuatnya adalah orang yang bekerja di pemotongan hewan kemudian membawa sisa tulang. Nah kemudian oleh sang istri tulang tersebut diambil sum-sumnya kemudian dimasak dengan nasi yang sudah berbumbu khas Banten, kemudian dibakar dengan daun pisang. Rasa nasi yang gurih tersebut sudah banyak dijual disepanjang jalan kota karena sudah sangat populer di Banten.

Wilayah Banten memang bisa dikatakan perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda, sehingga Banten memiliki banyak beragam masakan yang cukup nikmat dan berciri khas daerah tersebut. Tidak heran jika masakannya yang khas dan unik tersebut membuat penikmatnya ketagihan. Demikian daftar Rekomendasi Makanan Ternikmat di Banten yang bisa moms coba dengan keluarga tercinta. Selamat berkuliner para foodies..

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.