[ADS] Top Ads

7 Rekomendasi Makanan Khas Bengkulu

Pendap Khas Bengkulu - NMUTTY.com

Kota Bengkulu dikenal sebagai kota kelahiran Ibu Negara Indonesia yang pertama, yaitu Ibu Fatmawati seorang istri dari Presiden pertama kita Ir. Soekarno. Selain itu dalam sejarah juga tercatat kota ini sebagai kota tempat pengasingan Presiden Ir. Soekarno sebelum kemerdekaan.

Tidak hanya terkenal akan sejarahnya, tetapi kota Bengkulu juga terkenal akan Wisata Kuliner yang bercita rasa pedas, gurih dan lezat kaya akan rempah-rempahnya. Bagi wisatawan yang berkunjung kesini wajib mencoba beberapa Makanan Khas Kota Bengkulu dibawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Bengkulu dengan Cita Rasa Pedas & Gurih

1. Lontong Tunjang Sebagai Sarapan Tipikal Warga Lokal


Lontong Tunjang Khas Bengkulu - NMUTTY.com
Photo: -

Disetiap daerah pasti mempunyai menu sarapan yang berbeda-beda, seperti di Bengkulu sendiri warga lokal menghidangkan lontong tunjang sebagai sarapan paginya. Dinamakan lontong tunjang karena warga setempat selalu menyertakan tunjang sapi atau kikil dalam hidangan ini, yang berisikan potongan lontong kecil-kecil, sayur gori, telur, daging dan sayur buncis. Kemudian diberi kuah bersantan yang berisi kikil atau tunjang tersebut. Wajib dicoba ya sobat kuliner.

2. Makan Siang dengan Ikan Bakar Jingkrak


Ikan Bakar Jingkrak Khas Bengkulu - NMUTTY.com
Photo: facebook.com

Menu andalan saat makan siang dengan Ikan bakar jingkrak sangat cocok saat berwisata di kota Bengkulu. Hidangan seafood ini yang dimasak dengan beragam rempah-rempah seperti bumbu rica-rica, asam manis, saus padang, bagar, tauco, dll. Dengan ikan yang dibakar tidak hanya satu jenis saja melainkan mulai dari ikan kakap, ikan kerapu, ikan kuwe, hingga ikan baronang, yang disajikan dengan cara dibakar maupun diberi santan sebagai kuahnya.

3. Makanan Khas Bengkulu Pendap Kuliner Favorit Presiden Pertama


Pendap Khas Bengkulu - NMUTTY.com
Photo: bengkuluinteraktif.com

Makanan tradisional ini merupakan makanan khas dari Krui, Lampung Barat dan Bengkulu. Sajian makanan pendap terbuat dari olahan daging ikan dan kelapa parut yang sudah dibumbui, kemudian dibungkus dengan daun talas ataupun daun pisang yang menambah cita rasa alaminya. Jika moms berkunjung ke Bengkulu hidangan ini sangat cocok menjadi menu makan siang, karena bercita-rasa pedas dan gurih kaya akan rempah-rempahnya.

4. Mie Terbang Fenomenal Kuliner Khas Bengkulu


Mie Terbang Khas Bengkulu - NMUTTY.com
Photo: kulinerkota.com

Mengapa mie ini sangat terkenal, bukan karena dari namanya saja atau mengandung unsur magic, tetapi mie ini menjadi sangat fenomenal karena disajikan dengan cara yang sangat unik dan berbeda dari kebanyakan mie lainnya. Yaitu terlihat terbang dengan sumpitnya loh, banyak para wisatawan banyak yang memburu mie unik ini. Sebenarnya mie ini adalah sejenis mie tek-tek biasa yang disajikan dengan telur, kerupuk dan acar sayur timun. Moms wajib mencoba mie yang bisa terbang ini, saat berkunjung ke Bengkulu.

5. Kuliner Khas Lokal Rebung Asam Undak Liling

Makanan ini berbahan dasar rebung atau tunas bambu muda yang diolah menjadi gulai. Disajikan dengan perpaduan keong sawah yang disebut liling, kemudian diolah dengan bumbu dari ulekan bawang, asam jawa, cabe, dan tomat sehingga bercita rasa asam.

6. Makanan Khas Bengkulu Tempoyak Udang Bersaus Durian

Kuliner ini sangat khas dan sangat unik karena, kuah sambalnya terbuat dari rempah-rempah dan perpaduan buah durian yang sudah diawetkan disebut dengan sambal tempoyak. Bahan dasar utamanya adalah udang dan dilengkapi dengan irisan petai dan cabe rawit. Sehingga membuat hidangan ini berkuah kental seperti santan dan bercita rasa pedas gurih karena adanya sambal tempoyak tersebut.

7. Bagar Ikan Hiu Makanan Terkenal Khas Bengkulu


Bagar Ikan Hiu Khas Bengkulu - NMUTTY.com
Photo: kulinerkota.com

Bagar merupakan bahasa Minang yang berarti, hidangan tak bersantan. Tetapi di Bengkulu hidangan bagar disajikan dengan daging yang berkuah santan. Bagar ikan hiu merupakan kuliner yang paling terkenal di Begkulu, tetapi karena populasi ikan hiu menipis dan saat ini dilindungi, maka hidangan ini diganti dengan ikan lain yang dipadukan dengan santan berbumbu kental. Dijamin nikmat dan lezat saat pertama kali mencobanya.

Itulah beberapa Rekomendasi Makanan Khas Kota Bengkulu yang wajib moms coba saat berkunjung disana. Kuliner yang terdiri dari berbagai macam rasa yang khas dan sudah turun temurun tidak mudah hilang oleh pergeseran waktu. Maka dari itu sebagai warga nusantara kita wajib mencoba dan melestarikan beragam kuliner nusantara yang sudah diwariskan tersebut agar tetap ada dan tidak mudah hilang tergerus zaman. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk moms dalam berwisata kuliner di kota Bengkulu.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.