[ADS] Top Ads

6 Rekomendasi Makanan Nikmat Khas Jambi

Tumis Tempoyak Khas Jambi - NMUTTY.com

Provinsi Jambi yang terkenal dengan ikon sungai Batanghari dan salah kota yang memiliki kebudayaan khas melayu yang cukup kental. Tidak hanya memiliki potensi wisata yang cukup berkembang, Jambi juga mempunyai beragam wisata kuliner yang wajib di nikmati oleh para pecinta kuliner Nusantara.

Selain mempunyai banyak destinasi wisata unggulan, Provinsi yang juga sebagai kota ini, juga kaya akan makanan nikmat dan kelezatan rasa tiada duanya. Berikut adalah ulasan beberapa Makanan Nikmat Khas Jambi yang disukai banyak wisatawan dan juga wajib moms coba.

Rekomendasi Makanan Nikmat Khas Jambi

1. Sup Tulang Khas Jambi


Sup Tulang Khas Jambi - NMUTTY.com
Photo: makananoleholeh.com

Cita rasa dari sup tulang ini hampir sama seperti sup iga pada umumnya. Tetapi sup tulang ala Jambi ini memiliki rasa gurih yang begitu khas dan berbeda dengan yang lainnya. Sup yang disajikan dengan kuah panas ini sangat cocok untuk sarapan pagi moms saat disana. Banyak para wisatawan yang mengidolakan sup tulang ini.

2. Keunikan Tumis Tempoyak dari Buah Durian


Tumis Tempoyak Khas Jambi - NMUTTY.com
Photo: akasfoods.com

Dengan kreatifitas masyarakatnya bisa menjadikan makanan yang terbuat dari buah durian yang sudah difermentasi. Tempoyak ini biasanya disajikan dengan ikan patin atau jenis ikan lainnya dengan bumbu pedas yang khas. Karena makanan ini sudah sangat populer di Jambi jadi moms bisa menemukan di sepanjang jalanan kota Jambi.

3. Nasi Gemuk Khas Jambi


Nasi Gemuk Khas Jambi - NMUTTY.com
Photo: masakandapurku.com

Jika nasi uduk adalah khas betawi, maka nasi gemuk merupakan andalan khas Jambi. Selain dimasak dengan santan yang menambah cita rasa gurih, komposisi lain juga terdapat bawang merah dan putih, ketumbar, jintan serta lada yang menambah nikmat aroma masakan. Nasi gemuk dihidangkan dengan pelengkap nya yang terdiri dari, telur rebus atau dadar, irisan mentimun kerupuk dan sambal. Biasanya bisa ditambah dengan kuah yang berupa kari ayam atau sapi.

4. Menu Tradisional Jambi Gulai Tepek Ikan


Gulai Tepek Khas Jambi - NMUTTY.com
Photo: masakandapurku.com

Rekomendasi Makanan Ternikmat Khas Jambi selanjutnya adalah Gulai tepek ikan. Biasanya menu ini dihidangkan pada saat acara penting seperti acara pernikahan atau kenduri. Gulai ini berbaan dasar ikan tenggiri yang dibuat adonan bersama tepung sagu dan bawang putih. Ketika adonan matang akan dicampur dengan kuah bersantan yang sudah dibumbui. Yang menjadi unik dan bercitarasa agak sedikit asam karena adanya kuah yang dicampur dengan nanas.

5. Rendang Khas Jambi di Sebut Daging Masak Hitam


Rendang Hitam Khas Jambi - NMUTTY.com
Photo: cookpad.com

Jika di Padang terdapat rendang yang populer, maka di jambi terdapat daging yang diolah berkuah hitam. Setiap gigitan dagingnya mempunyai sensasi rasa yang gurih dan manis. Makanan yang berbahan daging sapi ini, diolah dengan rempah yang cukup lengkap sehingga menghasilkan cita rasa yang menggunggah selera akan aromanya.

6. Mie Celor yang Bertekstur Kenyal


Mie Celor Khas Jambi - NMUTTY.com
Photo: sisternet.co.id

Hidangan mie khas Jambi ini yang diolah dengan bumbu rempah-rempah yang lengkap, sehingga berbeda dengan mie pada umumnya. Mie bertekstur kenyal ini disajikan dengan irisan daging sapi, sayuran, telur rebus dan satu lagi yang membuat moms tidak bisa move on dari mie ini, yaitu kuah kaldu khas jambi yang begitu kental. Cita rasanya yang begitu gurih dan nikmat bikin siapapun yang makan akan ketagihan.

Bagaimana dengan rekomendasi ulasan diatas, moms pasti ingin sekali segera melancong ke kota Jambi bukan. Saat berakhir pekan, kota Jambi bisa menjadi alternatif wisata kuliner moms, karena berbagai ragam kulinernya yang bikin semua orang ingin mencobanya. Itulah beberapa Rekomendasi Makanan Ternikmat Khas Kota Jambi yang wajib moms coba.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.