[ADS] Top Ads

5 Daftar Sajian Kuliner Khas Riau Yang Wajib di Cicipi

Mie Lendir Khas Riau - NMUTTY.com

Kuliner khas Riau juga mempunyai keunikan tersendiri karena juga masih mendapat pengaruh dari kebudayaan Melayu, hal ini dikarenakan posisinya yang masih berdekatan dengan Malaysia dan Singapore. Berikut Daftar Sajian Kuliner Khas Riau yang bisa moms cicipi bersama keluarga.

Daftar Makanan Favorit Khas Riau

1. Gulai Ikan Patin


Gulai Ikan Patin Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: riaubook.com

Untuk moms penggemar seafood dengan khas aroma kuah kuning berempah. Maka, makanan ini menjadi rekomendasi favorit untuk moms. Aromanya yang khas dengan bahan rempah-rempah, membuat gulai yang berwarna kuning ini menjadi semakin nikmat disajikan dengan nasi hangat. Ikan patin yang menjadi bahan dasar dari kuliner ini, akan menambah cita rasa jika diolah dengan bunga kecombrang. Karena bunga kecombrang merupakan salah satu rahasia yang dipakai untuk mengolah gulai ikan patin ini agar menjadi sajian yang lebih sedap.

2. Ikan Selais Asap


Ikan Selais Asap Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: riaubook.com

Kuliner ini berbahan dasar ikan dari Riau yaitu Ikan Selais Asap. Olahan ikan yang melalui tahapan pengasapan ini, mempunyai rasa yang khas dan unik karena teskturnya yang lembut dan renyah. Dengan olahan ikan yang sudah diasap selama 8 jam ini, moms bisa menambahkan berbagai bumbu masakan untuk menjadikannya sajian yang lebih lengkap. Misal, dimasak pindang atau gulai bahkan untuk pecinta pedas, dapat moms olah dengan racikan cabai merah segar diatasnya.

3. Asam Pedas Ikan Baung


Asam Pedas Ikan Baung Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: riaubook.com

Sajian kuliner kali ini masih berbahan dasar ikan yaitu Ikan Baung. Ikan yang hidup di air tawar ini, mempunyai kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Dengan tekstur ikan baung yang kenyal dan lembut, moms bisa mengolahnya menjadi masakan dengan kuah merah yang nikmat.

Biasanya kuliner ikan baung ini disajikan dengan rasa khas asam pedasnya, dengan berbagai jenis rempah. Misalnya dengan bahan seperti, lengkuas, sereh, jahe, kemiri, cabe merah kunyit dan bumbu-bumbu lainnya.

4. Sup Tunjang


Sup Tunjang Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: pariwisataindonesia.id

Jika moms yang kurang tertarik dengan kuliner berbahan dasar ikan, maka Sup Tunjang merupakan sajian masakan yang pas untuk moms pecinta daging sapi. Sup ini berisi tulang sapi dengan daging empuknya yang masih menempel. Sup ini diolah dengan bumbu rempah dan kuah kaldu yang membuat sup segar ini menjadi semakin lengkap dengan tambahan wortel, irisan tomat, daun bawang dan kentang di dalamnya.

5. Mie Lendir


Mie Lendir Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: sumatratimes.co.id

Jika moms menginginkan masakan khas Riau berbahan dasar mie, maka Mie Lendir ini adalah kuliner yang wajib moms coba. Meski mempunyai nama masakan yang kurang enak didengar, namun rasa dari mie lendir ini benar-benar bisa membuat moms ketagihan.

Mie lendir ini disajikan dengan mie kuning tebal dengan kuah kental yang lezat. Kuah yang sangat kental berbahan kacang tanah, ubi dan bumbu khas Riau lain membuat mie ini diberi nama mie lendir. Kemudian untuk menambah kenikmatan, irisan telur rebus, tauge dan potongan cabe rawit ditambahkan kedalam kuah tersebut.

Beberapa sajian kuliner diatas dapat moms temukan di restoran atau warung-warung di Provinsi Riau, atau mungkin moms bisa mencoba masakan diatas dengan olahan masakan kerabat moms yang asli Riau momsataupun memasaknya sendiri. Dari Daftar Sajian Kuliner Khas Riau diatas, mana yang tertarik moms cicipi?

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.