[ADS] Top Ads

4 Daftar Olahan Makanan & Minuman Khas Provinsi Riau

Lopek Bugi Khas Riau - NMUTTY.com

Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu umat muslim untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Selain bisa melaksanakan sholat ied bersama-sama, bermaaf-maafan, tentu acara makan bersama dengan kuliner khas kampung halaman yang paling dinantikan.

Dan jika momen pulang kampung moms kali ini berbeda karena harus mengikuti pasangan moms ke Provinsi Riau, maka jangan segan-segan untuk mencoba kuliner apa saja yang ada di Daftar Sajian Kuliner Khas Riau, Sumatera.

Inilah Daftar Olahan Makanan & Minuman Khas Provinsi Riau


Selain Daftar Sajian Kuliner Khas Riau Yang Wajib di Cicipi, Provinsi Riau juga mempunyai kue-kue atau minuman khas nya loh, maka bisa moms simak beberapa rekomendasirnya dibawah ini.

1. Kue Asidah


Kue Asidah Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: riau.go.id

Kue yang sangat pas disajikan untuk menemani moms minum secangkir kopi atau teh ini, terinspirasi dari Timur Tengah. Kue ini diolah dari bahan rempah-rempah seperti pandan, cengkeh, kayu manis, sehingga mempunyai cita rasa yang manis, gurih, namun bertekstur lembut. Kue yang biasanya dicetak mirip bunga mawar ini juga biasanya disajikan dengan bawang goreng diatasnya sebagai pelengkap. Jika moms ingin membawa kue khas Riau ini sebagai oleh-oleh maka moms butuh menyiapkan uang sekitar Rp. 1.000 - Rp. 3.000,- per buahnya. Tentu sangat murah bukan?

2. Roti Jala


Roti Jala Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: harianhaluan.com

Roti yang dicetak seperti jala ikan ini biasanya disajikan dengan olahan masakan berkuah kari isian daging atau saus kuah durian. Jika kue asidah terinspirasi dari Timur Tengah, sajian kue jala ini terinspirasi dari India. Tentu saja hal ini membuat kuliner ini benar-benar mempunyai rasa yang khas dan hanya moms di Riau.

Biasanya kue ini disajikan pada saat acara tasyakuran ataupun pernikahan. Namun kini moms juga bisa mencobanya di berbagai tempat di Riau karena sudah banyak pedagang yang menjualnya. Untuk harga dengan Rp. 2.000,- saja moms sudah bisa mencicipinya.

3. Lopek Bugi


Lopek Bugi Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: lancangkuning.com

Camilan berbahan dasar tepung beras ketan ini, jaman dahulu menjadi sajian yang hanya bisa dinikmati para kaum bangsawan saja. Namun kini camilan yang dibungkus daun pisang ini biasa disajikan pada saat perayaan hari besar seperti lebaran atau pernikahan. Camilan ini mempunyai rasa yang manis , dengan komposisi yaitu santan, garam, pulut hitam, air pandan dan tepung beras. Lopek bugi juga terbagi menjadi dua jenis yaitu pulut putih dan pulut hitam. Sajian khas Danau Bingkuang, Kampar ini dapat moms beli dengan harga yang sangat terjangkau per satuan Rp. 12.000,-.

4. Es Laksamana Mengamuk


Es Laksamana Mengamuk Khas Riau - NMUTTY.com
Photo: indonesia.go.id

Es yang diberi nama yang sangat unik ini mempunyai kisah tersendiri. Konon, dulu ada seorang laksamana mengamuk kemudian menodongkan pedangnya dan menjatuhkan buah kuweni (mangga). Sehingga kini buah mangga berjenis kuweni yang menjadi salah satu bahan dasar dari es ini. Es ini diolah dengan campuran santan, gula dan es batu. Sajian es yang manis dan legit ini cocok untuk menemani moms berbuka puasa dan berkumpul dengan keluarga saat momen lebaran.

Jika moms berkunjung atau pulang kampung mengikuti pasangan moms ke Provinsi Riau, maka jangan pernah ragu untuk mencicipi olahan kuliner khas Riau dengan rasanya yang unik dan beraneka ragam. Dari Daftar Sajian Kuliner Khas Riau diatas, mana yang tertarik moms cicipi?

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.