[ADS] Top Ads

8 Daftar Makanan Khas Kepulauan Riau

Asam Pedas Baung, Kepulauan Riau - NMUTTY.com

Kepulauan yang memiliki keindahan nan elok dan mampu menghipnotis wisatawan lokal maupun mancanegara ini, ternyata 4% nya hanya berupa daratan. Jadi Kepulauan Riau 96% berupa lautan, bahkan transportasi utama antar kota menggunakan kapal feri. Tidak hanya itu yang membuat Kepulauan Riau begitu istimewa, tetapi juga terdapat sederet Makanan Khas Kepulauan Riau yang membuat para pelancong betah untuk singgah. Inilah beberapa daftarnya.

Daftar Makanan Khas Kepulauan Riau Yang Wajib Moms Cicipi

Tidak hanya makanan berat Kepulauan Riau juga memiliki menu spesial ataupun berbagai makanan ringan. Berikut adalah deretan beragam makanan unik dan lezat saat berkunjung di Kepulauan Riau yang wajib dicoba.

1. Lendot Khas Pulau Karimun Kepulauan Riau


Lendot Khas Pulau Karimun, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: menixnews.com

Bahan dasar dari makanna ini adalah sayur kangkung dan bayam dicampur dengan bumbu khas Kepulauan Riau. Kuah yang kental dan bening terbuat dari sagu yang dihaluskan serta campuran rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa asin dan pedas. Terdapat juga bilis dan udang saat disajikan.

2. Gong-Gong Dari Siput Laut


Gonggong Siput Laut, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: menixnews.com

Karena sebagian wilayahnya adalah perairan, maka masakan yang dihasilkannya pun dari hasil laut. Seperti masakan Gonggong ini yang bahan dasar utamanya terbuat dari siput laut yang diberi kuah dengan rempah yang khas. Biasanya dinikmati dengan cocolan sambal yang membuat ketagihan orang yang memakannya. Dengan sensasi rasa sambal yang pedas dan gurih dari kuahnya serta daging siput bertekstur kenyal.

3. Mie Lendir Kuliner Khas Kepulauan Riau


Mi Lendir, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: menixnews.com

Sebagai menu pembuka, terdapat mie yang berkuah coklat dan kental dari larutan tepung maizena mirip seperti lendir. Cita rasa dari mie ini sangat khas dan berbeda dari kebanyakan mie lainnya. Bahan dasar mie tersebut adalah mie kuning yang berukuran besar dan bertekstur lembut, kemudian ditiriskan dengan pelengkap seperti, tauge, daun seledri, telur rebus, potongan cabe hijau dan irisan daging atau ayam.

4. Laksa Kuah Hidangan Populer Khas Kepulauan Riau


Laksa Kuah, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: selerasa.com

Pada umunya laksa kuah terbuat dari ikan tongkol atau teri yang ditumbuk sampai halus, kemudian disajikan dengan mie berbahan dasar sagu. Dari segi keunikannya mie ini bentuknya mirip sanggul dan bertekstur kenyal, dengan kuah yang bersantan serta rasa rempah-rempah yang nikmat seperti kuah kari.

5. Gubal Yang Berbahan Dasar Sagu


Gubal, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: kepriprov.go.id

Makanan khas yang satu ini sangat terkenal di Kepulauan Riau, karena terbuat dari sagu yang mudah ditemukan di pulau tersebut. Hidangan untuk makan sehari-hari ini memasaknya dicampur dengan parutan kelapa yang dimasak dengan kuali besar. Biasanya gubal dinikmati dengan gulai ikan pari atau hiu dengan cita rasa kuah asam pedas.

6. Asam Pedas Baung Yang Berprotein Tinggi


Asam Pedas Baung, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: riaubook.com

Ikan Baung adalah bahan dasar utama Makanan Khas Kepulauan Riau ini, sejenis ikan tawar yang memiliki protein tinggi dan rendah lemak. Cara mengolahnya cukup sederhana dengan campuran bumbu seperti jahe, serai, kemiri, lengkuas, cabe merah, kunyit, dll. Makanan yang bercita rasa asam pedas ini cukup populer di Kepulauan Riau.

7. Cemilan Nikmat Khas Kepulauan Riau Roti Jala


Roti Jala, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: harianhaluan.com

Awalnya roti jala ini adalah hidangan saat pesta tertentu saja, tetapi saat ini moms bisa menemui roti jala ini di sepanjang jalan kota Riau. Roti yang terbuat dari tepung terigu ini, biasanya dihidangkan dengan kuah kari ayam ataupun kari kambing dan bisa juga dinikmati dengan siraman saus atau kuah dari olahan durian.

8. Es Air Mata Pengantin Khas Kepulauan Riau


Es Air Mata Pengantin, Kepulauan Riau - NMUTTY.com
Photo: goriau.com

Selain berbagai macam olahan makanan Kepulauan Riau Juga memiliki minuman yang khas dan menyegarkan dengan nama yang super unik. Minuman penutup yang segar ini dilengkapi dengan isian biji selasih, sirup, blewah dan juga es batu.

Itulah daftar Makanan Nikmat Khas Kepulauan Riau yang wajib moms coba ketika berwisata kesana. Karena sebagian besar daratan Riau adalah air, maka destinasi wisata dan kulinernya dihasilkan dari hasil laut. Hal itu membuat para Wisatawan sangat tertarik mengunjungi kepulauan yang mempunyai bahari laut eksotis ini. Selamat berwisata kuliner ya moms..

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.