[ADS] Top Ads

6 Daftar Lengkap Makanan Khas Padang Sumatera Barat

Sate Padang, Sumatera Barat - NMUTTY.com

Pada ulasan kali ini moms akan diberi rekomendasi beberapa makanan dari salah satu pulau terbesar yang terletak di ujung barat Indonesia, yaitu Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Sumatera bagian Barat. Pembahasan ini akan mengulas Makanan Khas Padang dari pulau tersebut.

Mungkin yang paling terkenal adalah masakan padang dengan daging rendangnya, tetapi apakah hanya itu saja yang paling enak disana. Tentu saja tidak, masih banyak rekomendasi makanan atau sajian utama yang wajib dicoba saat kita berwisata kuliner di Provinsi Sumatera Barat.

Daftar Makanan Khas Padang Sumatera Barat Yang Wajib Moms Coba


Makanan khas dari Sumatera Barat pasti tidak terlepas dari masakan Padang yang sangat fenomenal di seluruh nusantara, terutama untuk Rendang. Ternyata masih banyak kuliner yang lebih enak dari rendang. Berikut rekomendasinya untuk moms;

1. Sarapan Lezat Khas Pariaman Dengan Nasi Sala


Nasi Sala Khas Pariaman, Sumatera Barat - NMUTTY.com
Photo: nagarinusantara.blogspot.com

Karena daerah Pariaman adalah kawasan pantai, maka hasil laut disana cukup melimpah. Maka dari itu makanannya pun pasti tidak jauh dari hasil laut tersebut alias makanan daerah khas pesisir, yaitu Nasi Sala. Seporsi nasi ini berisikan ikan kembung yang digoreng dengan balutan tepung dan dilengkapi lalapan juga sambal, lalu dibungkus dengan daun pisang yang alami.

Hal yang membuat makanan ini khas daerah sana adalah tepung yang membalut ikan kembung tersebut diberi bumbu seperti cabai giling, daun kunyit, lengkuas dan bawang putih, sehingga rasa gurih dan renyah sangat cocok untuk makan di pinggir pantai.

2. Kuah Segar dan Gurih Khas Soto Padang


Soto Padang, Sumatera Barat - NMUTTY.com
Photo: cookpad.com

Lain hal nya dengan Soto Lamongan, kalau di Sumatera Barat menunya adalah Soto Padang yang khas. Yang membedakan Soto Pdang dengan soto lainnya adalah dari bahan dagingnya yaitu daging sapinya digoreng kering terlebih dahulu kemudian dipotong kecil-kecil. Daging tersebut biasanya disebut dengan dendeng. Terasa gurih dan segar jika dinikmati saat siang hari. Sebagai pelengkap bisa dimakan dengan kerupuk.

3. Sate Khas Sumatera Barat Sate Padang


Sate Padang, Sumatera Barat - NMUTTY.com
Photo: indozone.id

Sate yang khas ini terbuat dari olahan daging dan lidah sapi, serta biasanya bisa menggunakan jeroan seperti hati, paru, atau usus dari sapi. Disajikan dengan kuah dari bumbu yang khas dijamin ketagihan. Bahkan sausnya pun terbuat dari berbagai bumbu dapur seperti, bawang merah, serai, kacang, kunyit, cabai merah, jahe, dll. Dan khas sekali dengan ditambahkan tepung beras agar kental. Begitu lezat dan wajib mencobanya.

4. Kuliner Khas Minang Gulai Gajebo


Gulai Gajebo Khas Minang, Sumatera Barat - NMUTTY.com
Photo: idntimes.com

Gulai yang khas Minang yang lezat ini terbuat dari sandung lamur atau bagian dari punuk sapi yang banyak mengandung lemak kenyal. Kuah gulai ini seperti pada umumnya, yang disajikan potongan lemak berdaging dengan kuah asam padeh, tapi sama sekali tidak menggunakan santan. Cara penyajian khas Padang ini terdapat 3 cara yang berbeda dan unik dengan level rasa yang berbeda. Maka dari itu gajebo disebut dengan makanan surga oleh masyarakat setempat.

5. Nasi Kapau Khas Bukittinggi


Nasi Kapau Khas Bukittinggi - NMUTTY.com
Photo: idntimes.com

Nasi ini dibilang mirip dan bentuknya hampir sama seperti nasi padang. Yang membedakan adalah cara penyajiannya yaitu jika biasanya nasi padang dipajang pada etalase, namun nasi kapau ini malah disajikan diatas meja saja. Dari segi hidangannya pun juga beda dari nasi padang, yaitu dengan adanya gulai kapau yang terbuat dari kol, nangka, dan kacang panjang yang memiliki kuah berwarna agak kuning dengan sedikit rasa asam. Jika moms berkunjung ke Bukittinggi, moms bisa mencoba nasi ini dengan berbagai varian lauk, mulai dari dendeng balado, ayam goreng, rendang, serta berbagai gulai yang bermacam-macam rasanya.

6. Masakan Tradisional Dendeng Balado


Dendeng Balado Khas Minang, Sumatera Barat - NMUTTY.com
Photo: idntimes.com

Makanan Khas Sumatera Barat satu ini berasal dari daerah Minangkabau. Makanan ini terbuat dari potongan daging sapi yag sudah dikeringkan, sehingga makanan ini bisa awet dan tahan lama apalagi dibuat untuk oleh-oleh. Dengan bumbu balado dan rempah-rempah nya sangat terasa pedasnya. Makanan ini sangat cocok bagi para pecinta pedas.

Baca juga: Fakta Menarik Wisata Kota Padang Sumatera Barat

Itulah beberapa rekomendasi Daftar Makanan Khas Sumatera Barat yang wajib dicoba saat moms berkunjung kesana. Memang kebanyakan makanan terdapat di kota-kota besar karena untuk memudahkan dalam pencarian alamatnya, serta penjual disepanjang jalan kota pun sangat tersebar. Semoga ulasan ini bisa menjadi rekomendasi wawasan moms dalam berwisata kuliner di Provinsi Sumatera Barat. Selamat berwisata kuliner para traveler...

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.