[ADS] Top Ads

6 Rekomendasi Makanan Khas Gorontalo

Ikan Mujaer ala Bilenthango Khas Gorontalo - NMUTTY.com

Kota Gorontalo adalah kota yang mendapat julukan sebagai ‘Kota Serambi Madinah’ merupakan kota yang kaya akan destinasi objek wisata nan eksotis dengan keindahan alamnya. Tidak hanya keindahan alamnya yang natural, tetapi juga banyak terdapat makanan khas daerah tersebut yang bercita rasa unik dan lezat wajib dicoba para pecinta wisata kuliner. Berikut beberapa Makanan Khas Kota Gorantalo yang unik dan lezat.

Rekomendasi Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib Moms Coba

Bukan hanya sejumlah keindahan alam yang unik dan indah saat dipandang, Kota Gorontalo juga mempunyai beragam kuliner bercita rasa unik dan lezat yang bisa memanjakan lidah yang memakannya. Berikut adalah daftar beragam sajian khas Gorontalo dengan kearifan lokalnya yang membuat moms ketagihan saat mencoba untuk pertama kalinya.

1. Ayam Iloni dengan bumbu khas Gorontalo


Ayam Bakar Iloni Khas Gorontalo - NMUTTY.com
Photo: correcto.id

Makanan khas yang berbahan dasar ayam ini dimasak dengan bumbu khas Gorontalo dengan cita rasa gurih dengan adanya santan. Biasanya dalam hidangan ini ayam yang disajikan adalah bagian dada dengan campuran bumbu rempah-rempahnya yang unik dan menggoda selera. Setelah itu, sebelum disajikan ayam akan dibakar kemudian siap disajikan.

2. Makanan yang berkarbohidrat Binte Biluhuta


Binte Biluhuta Khas Gorontalo - NMUTTY.com
Photo: ksmtour.com

Kota Gorontalo yang bertanah subuh dan banyak penghasil jagung, sehingga masyarakat pandai dalam mengolah jagung menjadi kudapan yang lezat seperti Binte Biluhuta. Binte yang berarti jagung, sedangkan Biluhuta yang artinya disiram, jadi maksudnya adalah jagung yang disiram. Makanan khas Gorontalo yang unik ini berbahan dasar parutan kelapa dan jagung yang dicampur udang beserta ikan cakalang. Kemudian disiram dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah yang disajikan dengan daun bawang, tomat, daun kemangi, cabai dan sedikit perasan jeruk lemon.

3. Ikan Mujaer ala Bilenthango


Ikan Mujaer ala Bilenthango Khas Gorontalo - NMUTTY.com
Photo: ksmtour.com

Makanan yang bahan dasarnya ikan mujaer ini adalah salah satu Makanan Khas Gorontalo yang paling digemari oleh wisatawan. Cara memasak ikannya dengan dipanggang atau digoreng. ikan yang sudah dibelah menjadi dua kemudian dipanggang atau digoreng diatas daun pisang, agar tidak mudah gosong. Setelah itu ikan akan disiram dengan bumbu rempah seperti, cabe merah, bawang merah, kemiri dan tomat. Lalu siap untuk dihidangkan.

4. Sayur Putungo dari Jantung Pisang


Sayur Putungo Khas Gorontalo - NMUTTY.com
Photo: ksmtour.com

Sayur putungo ini hampir mirip dengan sayur lodeh khas jawa. Olahan dari jantung pisang ini di Gorontalo dikenal sebagai sayur putungo, yaitu sayur yang diolah dengan cara ditumis, digoreng, atau sekedar menjadi lalapan. Biasanya hidangan ini disajikan dengan milu rebus atau milu bakar, milu yang berarti jagung.

5. Ilabulo Pepes ala Gorontalo


Ilabulo Pepes Khas Gorontalo - NMUTTY.com
Photo: correcto.id

Pepes yang satu ini wajib dicoba saat di Gorontalo. Ternyata ilabulo adalah Makanan Khas Gorontalo yang sudah terkenal pada tahun sebelum masehi. Makanan ini dulu diklaim, hanya menjadi makanan raja dan ratu saja. Pepes ilabulo berisi hati ayam, ampela, telur dan sagu, setelah itu ditambahkan rempah-rempah sebagai perasa yang nikmat dan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Langkah terakhir dibakar hingga matang dan siap dilahap.

6. Perkedel Ikan Nike khas Gorontalo


Perkedel Ikan Nike Khas Gorontalo - NMUTTY.com
Photo: satrianesia.com

Ikan nike adalah ikan yang sejenis seperti ikan teri. Jika perkedel pada umumnya terbuat dari kentang dan irisan daging, berbeda saat di Gorontalo perkedelnya terbuat dari campuran ikan nike, yang diolah dengan terigu, telur, bawang merah dan bawang putih, garam, merica dan daun bawang. Kemudian digoreng sampai matang hingga berbau gurih dari ikan.

Baik, itulah beberapa Makanan Khas Gorontalo yang paling populer dan bercita rasa khas daerah setempat. Untuk para pecinta kuliner nusantara, moms wajib berkunjung ke Gorontalo. Karena makanan diatas tersebut sudah sangat populer di Gorontalo, jadi moms bisa dengan mudah untuk menemukannya di sepanjang jalanan kota.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.