[ADS] Top Ads

5 Makanan Khas Palembang dan Tempat Kulinernya

Pempek Khas Palembang - NMUTTY.com

Daftar Makanan Khas Palembang dan Tempat Kulinernya ada banyak sekali karena Palembang dikenal sebagai salah satu kawasan kuliner yang cukup kaya di Sumatera Selatan. Meski sudah identik dengan kuliner bernama Pempek, namun nyatanya kuliner khas di Palembang yang lezat bukan hanya sebatas Pempek semata.

Pempek Khas Palembang - NMUTTY.com

Daftar Makanan Khas Palembang & Tempat Kulinernya

1. Mie Celor

Selain Pempek, salah satu Makanan Khas Palembang yang memiliki cita rasa dan kelezatan menggoda selera adalah Mie Celor. Melihat sajian kuliner mie dari Palembang ini maka banyak yang menyebutkan bahwa sajian ini merupakan saudara jauh bagi Mie Aceh karena dalam satu porsi sajian mie ini berisikan mie dan kuah santan kaldu ebi.

Mie Celor Palembang - NMUTTY.com
Photo: id.wikipedia.org

Daftar Makanan Khas Palembang dan Tempat Kulinernya berupa Mie Celor ini banyak ditemukan di seputaran Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Palembang. Sajian kuliner ini menjadi salah satu menu makanan khas yang banyak digemari oleh orang-orang Palembang.

2. Makanan Khas Palembang bernama Celimpungan

Daftar Makanan Khas Palembang yang tidak kalah menarik untuk dicicipi adalah Celimpungan. Nama yang terkesan cukup unik sebenarnya. Celimpungan merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar berupa sagu dan juga ikan yang dipadukan dengan kuah santan kental dengan bumbu bercita rasa kha Palembang yang menggoda selera.

Celompungan Palembang - NMUTTY.com
Photo: ksmtour.com

Meskipun berkuah kental dan terlihat pedas, namun makanan ini tidaklah pedas. Celimpungan lebih didominasi oleh cita rasanya yang gurih. Jika moms tertarik menikmati kuliner yang satu ini, salah satu outlet yang cukup direkomendasikan adalah Kedai Laksan Kaito yang berada di kawasan Jalan Kapten Anwar Arsyad No. 999.

3. Martabak Har

Daftar Makanan Khas Palembang dan Tempat Kulinernya yang juga populer di kawasan Palembang adalah Martabak Har. Kuliner ini cukup unik dan berbeda dari martabak pada umumnya. Martabak ini menggunakan isian berupa telur ayam dan bebek dan untuk menyantapnya akan ditambahkan dengan kuah kari berisikan potongan kentang.

Martabak Har - NMUTTY.com
Photo: masakandapurku.com

Jika moms tertarik ingin menikmati sajian kuliner martabak yang cukup unik ini maka bisa langsung mengunjungi kawasan Toko Kopi Har yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang. Bisa juga datang ke kawasan Martabak & Resto Har di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

4. Pindang Patin

Ikan patin merupakan bahan makanan yang sangat populer dan terkenal bagi masyarakat Palembang. Selain memiliki rasa yang enak, ikan patin juga memiliki daging yang lembut. Di Palembang, ikan patin biasanya disajikan dalam bentuk pindang yang cukup lezat dan menggugah selera.

Pindang Palembang - NMUTTY.com

Pindang Patin khas Palembang terkenal dengan cita rasanya yang gurih dengan kuah bening kekuningan bercita rasa agak masam karena menggunakan tambahan belimbing didalamnya. Jika tertarik dengan kuliner khas yang satu ini, moms bisa mengunjungi Rumah Makan Sri Melayu di Jalan Damang Lebar No. 1 atau Rumah Makan Pindang Musi Rawas di Jalan Angkatan 45 No. 18.

5. Otak-Otak Kuah Cuko

Jika selama ini moms mengenal otak-otak disajikan denga bumbu kacang, lain halnya dengan otak-otak dari Palembang. Di kota ini terdapat makanan khas yang cukup unik yakni otak-otak kuah cuko yakni otak-otak yang disantap dengan menggunakan kuah cuko.

Otak-Otak Palembang - NMUTTY.com
Photo: cookpad.com

Jika moms penasaran dengan kuliner yang satu ini, bisa langsung menuju ke kawasan Plaza Kuto Besak karena di kawasan tersebut terdapat sejumlah penjual otak-otak kuah cuko dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Romantis di Palembang

Demikianlah beberapa Daftar Makanan Khas Palembang dan Tempat Kulinernya yang perlu moms ketahui. Kini melancong ke Palembang bukan hanya untuk menikmati jembatan Ampera, namun juga wisata kulinernya yang lezat nan menggoda.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.