[ADS] Top Ads

6 Makanan Khas Bangka Belitung, Kamu Wajib Coba!

Lempah Kuning Bangka Belitung - NMUTTY.com

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terletak di pulau Sumatera dan terletak dekat dengan lautan. Oleh karena itu, makanan khas dari daerah tersebut mayoritas terbuat dari hasil laut. Selain hasil laut, ada juga dari hasil perkebunan setempat. Ada beberapa Makanan Khas Bangka Belitung yang wajib untuk moms coba. Karena rasanya yang lezat dan tidak mudah moms temukan pada daerah lain. Meskipun moms menemukan jenis makanan yang serupa, pasti memiliki perbedaan cita rasa dari sajian tersebut.

Rekomendasi Makanan Khas Bangka Belitung Yang Wajib di Coba

Apakah moms salah satu orang yang berdomisili di sekitar Bangka Belitung? Atau saat ini sedang merencanakan aktivitas liburan ke daerah Bangka Belitung? Jika iya, moms wajib untuk mencoba 6 Makanan Khas Bangka Belitung dibawah ini.

1. Lempah Kuning


Lempah Kuning Bangka Belitung - NMUTTY.com
Photo: makananoleholeh.com

Sajian makanan yang satu ini merupakan salah satu Cagar Budaya Nasional kategori Tak Benda daerah Bangka Belitung. Ada perbedaan nama untuk daerah Bangka dan Belitung untuk makanan ini. Pada daerah Bangka namanya lempah kuning, sedangkan di Belitung namanya gangan. Sajian ini biasanya terbuat dari ikan tenggiri atau ikan kakap merah dengan bumbu kuah warna kuning.

2. Barego


Barego Bangka Belitung - NMUTTY.com
Photo: makananoleholeh.com

Makanan Khas Bangka Belitung selanjutnya adalah Barego. Sajian ini terbuat dari campuran tepung sagu dan juga tepung beras. Memiliki ciri khas bentuknya yang mirip dengan lontong, yaitu berwarna putih dan bulat. Untuk penyajian makanan ini, biasanya dengan kuah kari ikan. Ada juga yang menyantapnya bersama mie Belitung, lakse atau gangan.

3. Mie Koba


Mie Koba Bangka Belitung - NMUTTY.com
Photo: makananoleholeh.com

Mie koba terbuat dari mie, kuah kaldu udang, ikan tenggiri, telur, bawang goreng dan potongan daun seledri. Untuk menambah kelezatan citarasa dari sajian yang satu ini, moms bisa menambahkan air perasan dari jeruk kunci. Tampilan sajiannya hampir mirip dengan mie ayam Bangka, yang membedakannya adalah komposisi ikan tenggiri dalam mie koba.

4. Kue Rintak


Kue Rintak Bangka Belitung - NMUTTY.com
Photo: makananoleholeh.com

Kue rintak merupakan salah satu Makanan Khas Bangka Belitung berbahan dasar tepung sagu. Ciri khas dari kue ini, yaitu memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Cocok sebagai oleh-oleh atau sajian cemilan saat Hari Raya Idul Fitri.

5. Bong Li Piang


Bong Li Piang Bangka Belitung - NMUTTY.com
Photo: makananoleholeh.com

Yang membuat kue ini pertama kali adalah orang dari suku Hakka, imigran dari Tiongkok. Sajian ini terbuat dari santan, nanas, tepung terigu, dan juga gula aren. Memiliki rasa manis dan tekstur lembut, bentuknya cukup mirip dengan kue bantal.

6. Lokan Laut


Lokan Laut Bangka Belitung - NMUTTY.com
Photo: makananoleholeh.com

Makanan Khas Bangka Belitung yang bernama lokan laut ini terbuat dari salah satu hewan laut yang bernama lokan. Bentuk lokan sekilas mirip dengan tiram. Lokan dapat moms temukan pada kawasan yang dekat dengan muara sungai. Cara memasak lokan adalah dengan merebusnya bersama bumbu saus tiram atau air serai dan juga santan. Ciri khas dari sajian ini adalah rasanya yang pedas dan asam.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Alam Gratis di Bangka Belitung

Itulah 6 Rekomendasi Makanan Khas Bangka Belitung yang sangat wajib moms coba. Karena rasanya yang khas, enak, dan juga sajiannya yang cukup menarik. Pasti sangat mengesankan mencicipi berbagai sajian kuliner dari Bangka Belitung. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk moms yang menyukai wisata kuliner makanan khas Nusantara. Ketika mencoba makanan-makanan tersebut harus dalam porsi yang normal, jangan berlebihan! Karena yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh moms ya sis.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.