[ADS] Top Ads

Wisatawan Wajib Coba! 4 Kuliner Khas Daerah Maluku Yang Paling Enak

Ikan Bakar Dabu-Dabu Maluku - NMUTTY.com

Maluku sebuah Provinsi yang yang terletak di Kawasan Wisata Timur Indonesia ini dikenal kaya akan rempah – rempahnya seperti cengkeh, pala dan lainnya. Tidak hanya itu, pulau yang menyuguhkan keindahan bahari lautnya tersebut juga memiliki banyak Kuliner Khas Daerah Maluku yang terkenal dengan cita rasa sedap, enak dan lezat kaya akan rempahnya.

Apalagi Provinsi Maluku juga terkenal akan hasil kekayaan lautnya yang melimpah, maka tak heran jika beberapa kulinernya berasal dari olahan hasil laut yang dipadukan dengan kekayaan rempah – rempah hasil bumi Maluku. Nah bagi moms yang sedang berkunjung di Provinsi Maluku maka wajib mencoba beberapa kuliner khas yang membuat moms betah tinggal di sana, yuk langsung saja simak inilah beberapa daftarnya.

Rekomendasi Kuliner Khas Daerah Maluku Yang Paling Enak Untuk di Coba

Agar moms betah saat berwisata di salah satu Provinsi bagian Timur Indonesia ini, maka wajib coba deretan makanan enak khas daerahnya, yuk simak daftarnya dibawah ini.

1. Gohu Ikan

Jika di Negara Jepang terkenal dengan sajian ikan mentah bernama Sashimi, maka jika di Maluku Utara tepatnya di Kota Ternate terdapat sajian ikan mentah bernama Gohu Ikan. Dimana makanan khas ini hampir mirip dengan Sashimi dari Jepang yang juga berbahan dasar daging ikan mentah, seperti ikan cakalang dan ikan tuna yang menjadi favorit untuk dijadikan bahan dasar kuliner tersebut.
Gohu Ikan Maluku - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Untuk penyajiannya biasanya akan ditambahkan beberapa rempah untuk menghilangkan rasa amisnya, seperti disajikan dengan bumbu tumisan cabe rawit dan bawang merah yang dirajang, atau bisa juga menmabahkan daun kemangi dan perasan air lemon.

2. Ikan Kuah Kuning

Salah satu kudapan bernama Ikan Kuah Kuning ini disebut sebagai makanan favorit para wisatawan, dimana olehan ikan laut ini umumnya disajikan dengan makanan khas Maluku lainnya seperti Papeda yang terbuat dari tepung sagu.
Ikan Kuah Kuning Maluku - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Makanan tradisional khas Maluku ini bahan dasarnya dari ikan cakalang atau ikan tongkol yang mengandung banyak daging dan dimbubui dengan rempah kunyit, serai, jeruk nipis dan jenis rempah lainnya.

3. Ikan Bakar Dabu – Dabu

Ikan Bakar Dabu-Dabu Maluku - NMUTTY.com
Photo: rri.co.id

Siapa yang sudah tidak asing dengan salah satu menu Ikan Bakar Dabu – Dabu, dimana ikan bakar ini merupakan Kuliner Khas Daerah Maluku yang sudah populer di masyarakat Indonesia. Ikan bakar Maluku ini terkenal dengan cita rasa yang asam dan pedas sehingga membuat para wisatawan jatuh cinta sejak pertama kali menikmatinya. Selain itu dalam penyajiannya, ikan bakar ini akan disiram dengan sambal mentah Dabu – Dabu yang bisa menambah selera akan kenikmatannya.

4. Nasi Lapola

Nasi Lapola menjadi salah satu makanan pokok dari daerah Maluku yang terkenal akan kelezatan cita rasanya makanananya, dimana bahan utamanya adalah beras, parutan kelapa muda dan kacang tolo. Untuk pengolahannya nasi yang sudah dicampur dengan berbagai bahan dan rempah lalu akan dikukus hingga matang.
Nasi Lapola  Maluku - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Kemudian untuk penyajiannya, biasanya makanan pokok ini akan dihidangkan bersama dengan lauk lainnya yang tidak kalah enak seperti hidangan kohu – kohu atau olahan ikan teri atau tongkol basah beserta lalapan mentah. Tidak hanya itu karena biasanya makanan khas ini dinikmati dengan sambal colo – colo yang dibuat dari kecap, bawang merah, cabai rawit dan tomat.

Nah itulah beberapa Kuliner Khas Daerah Maluku yang terkenal akan kenikmatan dan kelezatan makanannya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya moms.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.