[ADS] Top Ads

4 Daftar Rekomendasi Kuliner Nikmat Khas Pontianak Yang Wajib di Coba

Pontianak menjadi salah satu kota terbesar di Provinsi Kalimantan terutama bagian barat dan menjadi kota populer yang dilewati langsung oleh khatulistiwa, sehingga menjadikan kota besar itu sebagai daya tarik oleh para wisatawan, terutama pada kuliner khasnya yang beragam. Untuk moms sebagai wisatawan maka wajib mengetahui beberapa Rekomendasi Kuliner Nikmat Khas Pontianak yang wajib dicoba.

Menjadi Ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat, ternyata kota ini memiliki perpaduan budaya lokal dengan budaya Tionghoa yang berhasil melahirkan banyak keunikan budaya, khususnya pada beberapa kuliner yang bercita rasa khas daerah tersebut. Beragam kuliner mulai dari yang unik dan nikmat wajib dicoba oleh para wisatawan, untuk itu yuk simak rekomendasinya dibawah ini.

Rekomendasi Kuliner Nikmat Khas Pontianak Yang Menguggah Selera

Sebagai seorang pelancong yang singgah di kota besar Kalimantan Barat maka wajib menyantap makanan khas yang terkenal lezat dan enak dari Pontianak tersebut, yuk simak daftarnya berikut ini;

1. Pengkang

Jika moms sedang berkunjung atau sedang singgah di Porvinsi Kalimantan bagian barat tepatnya di Kota Pontianak maka akan mudah menemui kuliner lezat yang bernama Pengkang, dimana kudapan ini terbuat dari ketan atau jika disana disebut dengan Pulut. Kuliner tersebut tidak jauh berbeda dengan lemper di Jawa namun bedanya Pengkang berisi udang ebi.
Penkang Khas Pontianak - NMUTTY.com
Photo: putratravel.net

Uniknya kudapan ini dikemas dengan daun pisang seperti pada umumnya namun juga dijepit dengan sayatan bambu yang berbentuk segitiga sama kaki. Untuk pengolahannya sendiri yaitu dengan cara dikukus sehingga bisa menimbulkan aroma yang gurih akan isi udang ebinya.

2. Olahan Burung Punai

Burung Punai Goreng Khas Pontianak - NMUTTY.com
Photo: putratravel.net

Olahan yang terbuat dari burung khas Kalimantan Barat ini menjadi salah satu menu favorit sajian tradisional khas daerah tersebut, dimana olahan burung yang menyerupai burung merpati atau burung dara tersebut akan diolah dengan cara dimasak atau dibakar. Dimana nantinya akan disajikan dengan nasi hangat beserta lalapan sayur yang segar, bahkan cita rasanya sendiri sangat gurih dengan tekstur yang daging yang empuk.

3. Tiam Mie

Karena kota Pontianak memiliki paduan budaya dengan budaya Tiongkok maka tak heran jika melahirkan kuliner khas ala – ala Tiongkok, salah satunya terwujud pada hidangan bernama Tiam Mie. Makanan Otentik hasil perpaduan budaya tersebut memiliki nama Tiam Mie yang berarti mie dengan rasa yang manis dalam bahasa Tio Ciu Pontianak.
Tiam Mie Khas Pontianak - NMUTTY.com
Photo: shutterstock.com

Sajian yang berbahan dasar mi kuning itu akan diolah dengan berbagai rempah seperti bawang putih, kecap asin, taoge, sayur kucai dan gula merah cair yang menjadikan mie ini memiliki rasa manis. Seliain itu salah satu Rekomendasi Kuliner Nikmat Khas Pontianak ini sangat cocok dinikmati selagi masih panas karena aroma wangi dan tekstur mie yang kenyal begitu menggoda.

4. Bubur Pedas

Bubur Pedas Khas Pontianak - NMUTTY.com
Photo: pesona.travel

Jika moms pecinta menu yang berbau bubur maka wajib mencoba olahan bubur khas kota Pontianak yaitu Bubur Pedas. Namun perlu moms ketahui meski dengan nama bubur, namun bubur yang satu ini tidak sama dengan bubur pada umumnya, dimana pengolahannya terbuat dari bahan dasar pucuk daun pakis, kangkung, daun kesum dan lengkuas beserta daun lain. Kemudian akan disajikan dengan taburan kacang goreng dan ikan teri goreng diatasnya sehingga menambah kenikmatan tersendiri dan bubur ini didominasi dengan dedaunan khas daerah tersebut.

Baca juga: Ikon Wisata Khas Pontianak

Itulah beberapa Rekomendasi Kuliner Nikmat Khas Pontianak yang terkenal akan kelezatan menunya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya moms.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.