[ADS] Top Ads

Inilah Daftar 6 Makanan Khas Daerah Balikpapan Yang Lezat

Pisang Gapit Khas Balikpapan - NMUTTY.com

Indonesia memang menjadi negara yang penuh dengan keberagaman. Tidak hanya dalam urusan pakaian saja, makanan juga beragam. Pastinya, semua makanan yang ada mempunyai ciri khas sendiri sehingga cocok untuk wisata kuliner. Salah satu tempat yang sesuai adalah Balikpapan, ada Daftar Makanan Khas Daerah Balikpapan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Tidak hanya terkenal dengan banyaknya lokasi Wisata Indonesia yang indah, kota yang satu ini juga memberikan berbagai macam pilihan untuk makanan. Moms dapat melakukan wisata kuliner di Balikpapan karena rasanya yang unik. Yuk, cek daftar makanan yang dapat moms nikmati.

Inilah Daftar Makanan Khas Daerah Balikpapan

Banyak orang memilih untuk menyantap makanan langsung hingga membawa pulang sebagai buah tangan. Bagaimana bisa terjadi? Tentunya, hal ini dikarenakan rasa makanan yang lezat sehingga pantas dijadikan sebagai oleh-oleh. Berikut daftar makanan yang perlu moms coba saat berwisata ke Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur;

1. Roti Mantau

Roti Mantau Khas Balikpapan - NMUTTY.com
Photo: blogspot.com

Pilihan pertama yang dapat moms manfaatkan adalah roti mantau. Roti yang satu ini berbeda dengan jenis yang biasanya moms temukan. Biasanya, roti akan dipanggang sebelum konsumsi. Namun, roti yang satu ini melalui proses penggorengan. Selain itu, keunikan lainnya pada roti mantau adalah rasa yang diberikan. Bukannya manis, ada saus balado hingga lada hitam sebagai paduan roti.

2. Pisang Gapit

Pisang Gapit Khas Balikpapan - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Moms juga dapat menikmati makanan lainnya yaitu pisang gapit. Pisang ini juga dikenal dengan nama pisang jepit yang sudah populer bagi banyak momsorang. Olahan dari pisang ini diproses dengan cara unik. Sesuai dengan namanya, pisang akan dibakar lalu dijepit kayu hingga matang. Setelahnya, akan disiram dengan saus manis yang terbuat dari gula merah lalu santan hingga potongan buah nangka.

3. Bubur Gunting

Bubur Gunting Khas Balikpapan - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Daftar Makanan Khas Daerah Balikpapan ini berbeda dari bayangan moms. Bukan bubur yang gurih seperti bubur ayam, bubur ini mempunyai rasa manis. Pastinya, namanya terdengar aneh di telinga banyak orang. Namun, bukan berarti rasa dari bubur gunting juga aneh. Rasanya lezat karena menggunakan rebusan kuah santan dan gula merah. Kemudian, adonan tepung ketan gunting.

4. Abon Kepiting

Abon Kepiting Khas Balikpapan - NMUTTY.com
Photo: omiyago.com

Pilihan lainnya yang dapat moms manfaatkan sebagai pilihan dalam wisata kuliner adalah abon kepiting. Banyak yang menjadikan makanan ini sebagai buah tangan karena unik dan juga lezat. Moms pastinya dapat merasa bosan dengan abon dari sapi atau ayam. Namun, abon ini berbeda karena menggunakan kepiting sehingga rasanya unik.

5. Onde Ubi Ungu

Onde Ubi Ungu Khas Balikpapan - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Onde-onde dengan kacang hijau pastu sudah mainstream dan dapat ditemukan dengan mudah. Namun, pernahkah moms mencoba onde ubi ungu? Jika belum, Balikpapan adalah pilihan terbaik untuk wisata dan mencoba makanan yang satu ini. Onde-onde menggunakan ubi ungu sebagai bahan dasar ini banyak diminati karena terlihat unik. Selain itu, rasanya juga enak dan empuk.

6. Nasi Bakar Seafood

Nasi Bakar Seafood Khas Balikpapan - NMUTTY.com
Photo: instagram.com

Balikpapan tidak pernah lepas dengan hasil lautnya. Banyak orang menyukai nasi bakar seafood sebagai pilihan ketika makan siang atau makan malam. Hal ini dikarenakan rasanya yang lezat dan menggunakan hasil laut segar. Ada banyak udang hingga kepiting dalam membuat nasi bakar.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Daerah Balikpapan Terfavorit

Moms dapat menggunakan Daftar Makanan Khas Daerah Balikpapan ini sebagai pilihan ketika berwisata. Makanan seperti ini memang menarik perhatian karena mempunyai rasa yang lezat. Jangan lupa mencoba makanan tersebut ketika berada di Balikpapan ya moms.

[ADS] Bottom Ads

© 2016 - . All Rights Reserved.